Definisi Dari Kompresor Torak Dengan Banyak Tingkatan?

Kompresor Torak

Kompresor Torak – Salah satu jenis kompresor yang sering digunakan untuk kebutuhan industri adalah kompresor dengan jenis torak. Kompresor jenis torak ini pun memiliki berbagai sub jenis lainnya, antara lain adalah kompresor torak dengan banyak tingkatan yang banyak dijual oleh para distributor kompresor.

Pada umumnya, kompresor torak banyak tingkatan biasa digunakan untuk memampatkan udara demi mencapai tekanan yang cukup tinggi, yakni sekitar 1000 kgf/cm2. Akan tetapi, kompresor torak banyak tingkatan ini justru memiliki laju aliran udara yang cukup rendah. Bahkan hingga mencapai 5 m3/detik.

Kompresor jenis ini bekerja dengan mengkompresi udara menggunakan sebuah silinder yang memiliki tekanan rendah. Kemudian selanjutnya, udara tersebut akan dikompresikan kembali untuk kedua kalinya namun dengan menggunakan silinder yang bertekanan tinggi.

Demi menciptakan taksiran daya yang minimum, proses kompresi yang dilakukan pun akan berlangsung secara isothermis melalui proses pendinginan udara tekan yang keluar lewat silinder bertekanan rendah menggunakan sebuah alat pendingin (intercooler) untuk mendapatkan suhu awal, sebelum pada akhirnya udara tekan tersebut masuk menuju silinder bertekanan tinggi.

Pada saat penggunaannya di lapangan, tekanan udara yang ada di awal kompresor mulai memproses sedikit lebih rendah daripada tekanan atmosfer di sekitar. Hal ini terjadi akibat adanya penurunan tekanan karna terdapat sebuah rintangan atau obstruksi pada saluran masuk udara. Sementara itu, suhu udara yang ada pada saat proses tersebut berlangsung akan lebih tinggi daripada suhu atmosfer karena udara yang masuk dan melewati katup panas tersebut akan tercampur bersama dengan udara tekan sisa yang sudah terjebak didalam silinder tersebut.

Sementara itu jika menggunakan kompresor udara jenis torak dengan banyak tingkatan ini, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Diantaranya adalah:

  • Akan mendapatkan 85% efisiensi volumetrik yang lebih bagus bila dibandingkan dengan kompresor udara jenis lainnya. Hal ini diakibatkan oleh tekanan rendah yang terdapat dalam volume sisa dari sebuah silinder tekanan rendah.
  • Memiliki suhu mesin yang jauh lebih rendah. Dengan kemampuan ini akan membuat pelumasan mesin menjadi lebih baik serta potensi keausan dan keretakan yang lebih rendah.
  • Proses pendinginan yang lebih baik dengna menggunakan pendingin udara serta pendinginan dinding silinder
  • Potensi kebocoran yang rendah berkat pelumasan yang bekerja secara optimal, serta perbedaan tekanan antara atas dan bawah torak juga lebih kecil.
  • Memiliki berat silinder yang lebih ringan bila dibandingkan dengan berbagai kompresor udara lainnya.
  • Memiliki sistem keseimbangan mekanis yang lebih bagus.

Itulah tadi artikel dan informasi singkat mengenai kompresor udara jenis tingkat dengan banyak tingkatan. Temukan juga berbagai informasi mengenai kompresor udara lainnya hanya di Polapetro, distributor kompresor terbaik dan nomor satu yang ada di Indonesia.

Polapetro telah menjadi solusi utama penjualan kompresor udara untuk berbagai kebutuhan bisnis Anda. Untuk lihat selengkapnya, Anda bisa langsung mengunjungi www.polapetro.co.id sekarang juga!