Cari Kompresor Angin Murah

Distributor Kompresor Bagi yang belum tahu, Over heating adalah suatu kendaan atau kondisi dimana naiknya suhu atau temperature kerja pada sebuah kompresor udara yang melebih suhu 100 derajat celcius. Jika terlalu sering terjadi, maka kondisi over heating ini bisa menjadi sangat berbahaya bagi kompresor udara tersebut ataupun bagi pekerja yang berada di sekitar.

Untuk itu, perlu dilakukan penanganan secara rutin dalam hal ini. Bagi para operator kompresor, cobalah untuk selalu rutin melakukan pengecekan terhadap temperatur, karena bisa berakibat fatal bagi mesin kompresor udara itu sendiri.

 

Berbagai Macam Efek Yang Ditimbulkan Bila Terjadi Over Heating:

  • Membuat sistem pelumasan menjadi tidak sempurna, dan pada akhirnya dapat merusak komponen bearing pada sebuah kompresor udara.
  • Jika sudah mengalami kerusakan pada bagian bearing tersebut, maka ini akan merambat menuju sistem lain pada sebuah kompresor, misalnya seperti putaran screw yang menjadi tidak stabil serta tidak pada porosnya. Atau terjadinya sebuah benturan dan gesekan antar screw yang membuat bentuknya menjadi tidak sempurna. Bila sudah seperti ini, maka tingkat efisiensi dari sebuah tekanan udara menjadi tidak maksimal dan akan cepat mengalami penurunan.
  • Jika putaran screw sudah tidak pada porosnya lagi, maka akan berpotensi sangat besar menimbulkan terjadinya berbagai gesekan pada ruang screw. Jika sudah mengalami hal semacam ini, maka kompresor udara akan jauh mengalami penurunan tekanan udara, dan dianggap sudah tidak efisien lagi.
  • Jika terjadi gesekan antar screw, maka akan menimbulkan serpihan serpihan besi yang dapat tercampur dan terbawa dengan oli. Nantinya serbuk oli ini akan dapat menyumbat filter dari jalur peredaran oli tersebut. Dan jika filter tersebut sudah tersumbat, maka volume oli yang telah masuk, justru akan kembali kedalam ruang screw, yang mengakibatkan sistem pelumasan bearing menjadi tidak optimal.
  • Keadaan akan menjadi semakin buruk jika unit kontrol suhu sudah tidak lagi bekerja secara benar. Jika ini sudah terjadi, maka sistem tak dapat mendeteksi temperature secara benar dan akurat terhadap kompresor udara, sehingga mesin yang seharusnya berhenti secara otomatis justru tetap berjalan tanpa henti.

 

 

Dan untuk mengantisipasi terjadinya over heating pada sebuah kompresor udara, maka ada baiknya operator harus mengetahui beberapa hal penyebabnya terlebih dahulu, antara lain:

  • Sirkulasi udara pada tiap ruang kompresor yang kurang baik.
  • Penggunaan oli yang sudah tidak layak serta melebihi penggunaan batas jam kerja pada umumnya. Oli yang jarang diganti juga dapat menyebabkan terjadinya over heating pada sebuah kompresor udara.
  • Separator oli mengalami penyumbatan, sehingga turut menghambat aliran udara yang keluar.
  • Terjadinya hambatan pada ruang cooler unit atau ruang pembuang panas akibat debu yang banyak terdapat pada bagian sirip radiator, atau timbulnya lapisan kerak yang sering terjadi bada pendingin cair.
  • Terdapat banyak kotoran yang menyumbat saringan oli. Jika melakukan penggantian oli, hendaknya dilakukan juga penggantian filter yang baru
  • Sistem kerja yang error, sehingga membuat mekanisme distribusi menjadi tidak berfungsi pada bagian filter housing unit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentang bagaimana mencegah over heating pada sebuah kompresor udara, silahkan langsung berkonsultasi pada ahlinya di polapetro.co.id, yang merupakan salah satu distributor kompresor terbaik yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang cari kompresor angin, Anda juga bisa menemukan juga berbagai jenis kompresor industrial yang sesuai dengan bisnis atau usaha Anda hanya di Polapetro. Solusi utama masalah kompresor di Indonesia!