Hal-Hal Yang perlu Di Pertimbangkan Saat Memilih Kompresor Berdasarkan Kebutuhan Sistem

Memilih Kompresor

Memilih Kompresor –Cari KompresorAngin Dalam memilih sebuah perangkat kompresor, tentunya dibutuhkan beberapa pertimbangan yang matang agar tidak terjadi salah pemahaman saat penggunaannya. Ini juga menyangkut kepada hal-hal yang dibutuhkan serta diperlukan dalam sebuah sistem. Tentu saja, dalam sebuah sistem yang kompleks, maka instalasi kompresor juga dibutuhkan dalam skala yang besar dan harga yang lebih mahal.

Sebelum memutuskan untuk membeli pada distributor kompresor, sebaiknya Anda perhatikan dulu beberapa hal berikut ini, diantaranya adalah:

  • Mempertimbangkan debit ataupun jumlah permintaan yang memang dibutuhkan pada suatu sistem instalasi atau yang biasa disebut dengan System Flowrate Demand, termasuk didalamnya jumlah dari perkiraan loading awal.
  • Memperhatikan kapasitas standby ketika dalam situasi darurat atau Standby Capacity for Emerginsis. Dengan cara ini, Anda diminta untuk memperhitungkan adanya sebuah kompresor kedua yang dijadikan sebagai cadangan dan terhubung langsung menuju jalur utama dari instalasi.
  • Memahami adanya kebutuhan udara lanjutan atau Future Air Requirement. Pemahaman ini sangat perlu dilakukan ketika hendak memilih kompresor karena akan berdampak langsung pada berbagai biaya operasional kompresor.

Selain beberapa poin diatas, terdapat beberapa poin lanjutan yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat memilih kompresor berdasarkan kebutuhan sistem, yaitu:

Rating Kapasitas Kompresor

Secara umum, kompresor akan dinilai menggunakan standar SCFM, dimana udara tersebut akan didefinisikan sebagai udara yang memiliki kondisi tekanan atmosfir yang sebenar benarnya. Dalam hal ini, rumus yang akan digunakan untuk mengukur rating kapasitas dari sebuah kompresor adalah:

V1 = V2 (p2/p1)(T1/T2)

Ukuran Kompresor

Saat memilih kompresor di sebuah distributor kompresor , maka Anda harus menentukan terlebih dahulu ukuran dari kompresor tersebut. Dalam sebuah sistem, diperlukan adanya perhitungan ukuran reservoir udara yang membutuhkan pertimbangan parameter lanjutan. Diantaranya seperti tekanan sistem, syarat flow-rate, hingga kemampuan output dari kompresor tersebut berdasarkan jenis operasi yang dilakukan.

Mengapa ukuran reservoir perlu dilakukan? Jawabannya tentu saja untuk meredam setiap tekanan yang berasal dari kompresor ataupun yang terdapat pada sistem pneumatik selama proses kerja pergeseran valve ataupun komponen lainnya.

Itulah tadi beberapa informasi singkat mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan ketika memilih kompresor berdasarkan sebuah sistem. Semoga bermanfaat!

Untuk mendapatkan berbagai produk kompresor udara yang berkualitas dari berbagai merk dunia, silahkan langsung kunjungi distributor kompresor terbaik di Indonesia, www.polapetro.co.id. Disini, Anda bisa tentukan sendiri kompresor yang tepat untuk kebutuhan Anda berdasarkan spesifikasi, jenis, dan harga yang diinginkan.