Berbagai Alat Yang Digunakan Untuk Mengatur Udara Pada Sistem Pneumatik

Sistem Pneumatik

Sistem Pneumatik –Cari Kompresor Angin Sebuah kompresor udara digunakan untuk menciptakan sebuah udara yang bertekanan demi berbagai kebutuhan, salah satunya adalah di bidang industrial yang memang mengharuskan banyak penggunaan udara bertekanan ketika sedang beroperasi. Salah satu kompresor udara yang sering digunakan dalam industri adalah kompresor sistem pneumatik. Melalui penggunaan udara bertekanan, sistem pneumatic mampu mengoperasikan berbagai mesin besar untuk kebutuhan industri, salah satunya seperti industri manufaktur atau pabrik.

Untuk itu, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu macam-macam alat yang digunakan untuk mengatur udara bertekanan pada sistem pneumatic tersebut. Diantaranya adalah:

Filter Udara

Dalam sebuah sistem instalasi pneumatik, udara yang akan digunakan harus dilakukan penyaringan terlebih dahulu agar memberikan udara yang murni serta terbebas dari kontaminasi ataupun kelembapan yang ditimbulkan dari pengaruh lingkungan sekitar. Disinilah peran dari filter udara digunakan. Filter udara sendiri memiliki kemampuan untuk membersihkan partikel buruk serta kelembapan hingga mencapai ukuran 5 mikron.

Regulator Tekanan Udara

Dalam pemakaiannya, regulator tekanan udara biasa digunakan untuk mengatur tekanan sesuai dengan kemampuan ataupun kebutuhan dari sebuah instalasi sistem pneumatik yang dimiliki sebuah industri tertentu. Pada umumnya, regulator bekerja melalui penggunaan piston demi mendeteksi fluktuasi tekanan downstream yang terjadi, hingga akhirnya piston bekerja melawan tekanan spring.

Sementara pada tekanan downstream sendiri akan berdampak pada diafragma serta valve popper yang menjadikannya terbuka. Regulator pun dibutukan untuk menyesuaikan posisi valve untuk membatasi tekanan downstream menuju valve preset.

Lubrikator Udara (pelumasan)

Pelumasan juga harus dilakukan terhadap komponen internal dari sistem pneumatik yang bergerak. Salah satunya adalah dengan menggunakan oil mist yang mampu memberikan peningkatan proporsional melalui peningkatan aliran udara yang berasal dari bagian spring loaded kecil. Jika aliran udara sudah mengalami peningkatan, maka valve pun akan terbuka sehingga terjadi perbedaan tekanan selama proses bekerja.

Secara keseluruhan, baik regulator, filter udara, ataupun pelumas, semuanya bisa digabungkan menjadi satu kesatuan demi memastikan terdapatnya udara bertekanan yang maksimal untuk kebutuhan sistem pekerjaan selanjutnya.

Demikianlah artikel singkat mengenai alat-alat yang digunakan untuk mengatur udara pada sistem pneumatik. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa juga untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai kompresor udara, dan instalasinya hanya di www.polapetro.co.id, distributor utama produk kompresor berkualitas dan nomor satu yang ada di Indonesia.