Cara SingkatMerawat Mesin Kompresor Udara Bagi Pemula

 

Mesin Kompresor Udara Setiap peralatan elektronik atau mesin tentunya akan membutuhkan perawatan yang rutin agar kinerja yang dihasilkan terus dalam keadaan yang optimal. Tak hanya perawatan yang berat, tapi perawatan yang ringan sekalipun harus dilakukan untuk meminimalisir potensi kerusakan yang terjadi. Mesin kompresor udara pun demikian, jika tidak dirawat secara baik dan benar, atau digunakan terlalu berlebihan maka bisa terjadi kerusakan awal yang ujung-ujungnya akan mengakibatkan kerusakan yang lebih besar.

Perawatan dan perhatian yang kurang baik ini biasanya terjadi akibat kelalaian dan kecerobohan dari mekanik ataupun operator yang bekerja di pabrik. Tentu saja, semua mesin biasanya akan memiliki buku manual tentang bagaimana cara mengoperasikan mesin tersebut, dan tentang bagaimana cara merawatnya. Hal ini tentu juga dimiliki oleh sebuah mesin kompresor udara. Maka sebelum menggunakan mesin kompresor yang terlalu jauh,, maka disarankan bagi para mekanik ataupun operator untuk membacanya terlebih dahulu dan memahaminya.

Tak hanya soal perbaikan ketika rusak, namun perawatan juga harus dilakukan meskipun mesin dalam keadaan yang sehat. Karena dengan cara ini, mesin kompresor udara tidak akan bekerja secara berlebihan ataupun diluar batas maksimalnya. Perawatan yang kecil sekalipun tapi dilakukan setiap hari akan lebih baik bila dibandingkan dengan perbaikan secara besar-besaran jika mesin kompresor udara tersebut mengalami kerusakan.

Beberapa hal perawatan berkala yang bisa dilakukan oleh seorang mekanik ataupun operator dari mesin kompresor udara antara lan seperti memastikan setiap hari bahwa oli pada mesin tersebut masih berada dalam keadaan yang aman, atau berada di level yang standar. Setelahnya pastikan semua kran ataupun pengunci sudah tertutup dengan baik dan dalam keadaan kecang. Pastikan juga setiap belt tidak terlalu kencang ataupun terlalu mengendur. Dan beberapa saat sebelum dinyalakan, pastikan juga bahwa pengaturan udara dari mesin tersebut tidak terlalu tinggi ataupun tertlalu rendah.

Di lain sisi, para mekanik dan operator juga harus selalu melakukan pemantauan terhadap pressure gauge. Dan yang terakhir ketika sudah selesai menggunakan mesin kompresor, maka hendaknya mekanik ataupun operator membuang angin yang tersisa di dalam tangki tersebut.

Namun yang jelas, mesin kompresor udara yang dibeli juga harus berkualitas dan memiliki kinerja yang baik. Untuk itu, Anda bisa mendapatkan semua produk kompresor udara yang berkualitas hanya di www.polaeptro.co.id, distributor kompresor udara terbaik dan nomor satu di Indonesia.