Mencampur Nitrogen Dengan Kompresor Angin Biasa, Bolehkah?

Kompresor Udara Anda tentunya sudah pernah melihat bahwa di hampir setiap SPBU saat ini akan menyediakan stasiun pengisian nitrogen yang menyebabkan banyak orang mulai beralih dari yang sebelumnya melakukan pengisian angin biasa (kompresor udara), kini menjadi pengisian nitrogen. Bila dahulu pengisian nitrogen masih sulit untuk didapatkan, maka sebaliknya kini Anda bisa dengan mudah menemukan stasiun pengisian nitrogen.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah mengganti pengisian angin biasa dengan menggunakan nitrogen tersebut cukup perlu? Bila kita membahas dari sisi keuntungannya, memang menggunakan nitrogen memiliki beberapa keuntungan. Pasalnya, nitrogen memang diyakini memiliki sifat tekanan yang lebih stabil. Tentu saja, banyak orang yang beralih untuk menggunakan nitrogen dengan alasan yang lebih stabil, apalagi untuk pengisian ban kendaraan.

Jika suatu wadah diisi dengan nitrogen memang memiliki kemampuan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan angin atau udara. Udara atau angin biasa akan lebih mudah memuai jika suatu wadah terpapar panas, salah satunya adalah ban kendaraan.

Akan tetapi, walaupun nitrogen memang memiliki tekanan yang lebih stabil, namun bukan berarti penggunaan kompresor udara biasa itu tidak baik, semuanya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Namun, banyak juga orang yang bertanya apakah mencampur nitrogen dengan angin biasa itu dibolehkan?

Ternyata, jawabannya pun masih bermacam-macam. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa hal tersebut boleh saja dan tidak akan terjadi apa-apa. Namun ada juga yang menganggap bahwa jika dicampur maka kemampuan dari nitrogen tersebut justru akan hilang. Tak hanya itu, ada juga beberapa orang yang menganggap bahwa jika dicampurkan maka akan menghasilkan tekanan yang justru lebih baik lagi.

Dari beberapa pernyataan yang ada tersebut, sepertinya didapati jawaban yang paling tepat adalah jika nitrogen dicampur dengan tekanan angin biasa, maka wadah akan lebih cepat memuai termasuk ban kendaraan.

Jadi kesimpulannya, akan lebih baik jika nitrogen ataupun tekanan angin biasa tidak dicampurkan agar tidak menimbulkan efek yang negatif. Karena masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda-beda pula.

Itulah tadi informasi singkat mengenai penggunaan nitrogen dan kompresor udara. Temukan berbagai artikel menarik lainnya seputar kompresor udara hanya di Polapetro. Tak hanya itu, Bagi Anda yang cari kompresor angin untuk kebutuhan industrial bisa langsung mengunjungi www.polapetro.co.id selaku distributor kompresor udara nomor satu di Indonesia.