Berbagai Jenis Perawatan Yang Bisa Dilakukan Terhadap Mesin Kompresor Udara Pabrik

 

Perawatan Mesin Kompresor –Cari Kompresor Angin Di beberapa artikel sebelumnya mungkin sudah dijelaskan tentang bagaimana caranya merawat sebuah mesin pabrik. Namun, untuk lebih detailnya lagi, Anda bisa membaca artikel ini sebagai pelengkap untuk mendapatkan perawatan mesin kompresor udara pabrik yang lebih optimal lagi. Dan berikut adalah berbagai jenis perawatan tambahan yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sebuah mesin pabrik, diantaranya adalah:

 

1. Preventive Maintenance

Disebut preventive karena tentu saja perawatan ini bersifat pencegahan, apalagi selama mesin sedang beroperasi. Sebenarnya ada berbagai cara untuk melakukan kegiatan Preventive Maintenance, namun yang jelas semuanya mengarah kepada pengecekan secara berkala, melakukan pembersihan, memperhatikan komponen mesin yang berpotensi akan rusak, dan kemudian menggantinya secara berkala, dan lain sebagainya.

 

2. Breakdown Maintenance

Saat sudah terjadi kerusakan pada mesin pabrik, maka bisa langsung dilakukan Breakdown Maintenance, yaitu tindakan cepat untuk langsung melumasi, memperbaiki, hingga mengganti komponen yang rusak sehingga membuat mesin berhenti beroperasi. Sayangnya, konsep Breakdown Maintenance ini harus dihindari karena mencegah tentunya lebih baik daripada memperbaiki.

 

3. Corrective Maintenance

Cara yang satu ini merupakan rangkuman dari kedua cara perawatan diatas sebelumnya. Corrective Maintenance biasanya mengidentifikasi apa saja yang menjadi penyebab kerusakan pada mesin pabrik tersebut, merumuskan masalahnya, dan kemudian menemukan solusi yang tepat agar kedepannya kerusakan yang sama tidak terjadi dua kali. Umumnya, Corrective maintenance akan dilakukan jika fungsi mesin sudah tidak lagi berjalan secara normal dan tingkat produktifitas yang dihasilkan sudah tidak lagi optimal.

 

Jenis-jenis Perawatan atau Maintenance diatas perlu dipelajari dan diketahui dalam menerapkan Total Productive Maintenance (TPM). Untuk mengukur kinerja Mesin, kita dapat menghitungnya dengan rumus OEE (Overall Equipment Effectiveness).

 

Kesimpulannya, untuk mendapatkan proses produksi yang optimal, maka perawatan mesin pabrik harus masuk kedalam bagian dari Total Productive Maintenance (TPM). Sementara itu, perawatan mesin juga bisa dihitung dengan menggunakan rumus OEE atau Overall Equipment Effectiveness. Dan jika Anda ingin membeli atau mengganti mesin kompresor udara yang baru, maka bisa cari kompresor udara berkualitas hanya di Polapetro.

 

Cari Kompresor udara yang berkualitas dan cocok dengan bisnis Anda pun kini menjadi lebih mudah melalui situs www.polapetro.co.id. Segera kunjungi situs tersebut, dan temukan berbagai spesifikasi kompresor udara terlengkap, yang sesuai untuk bisnis Anda.