Cara Pengaturan Pressure Switch Yang Ada Pada Kompresor Udara

Pressure SwitchPolapetro.co.id Jika Anda membeli sebuah kompresor, maka seharusnya Anda harus memahami cara untuk mengatur tekanan yang dihasilkan pada sebuah kompresor. Pada sebuah kompresor sendirinya umumnya akan memiliki sebuah tungkai (stick) yang bernama diferensial, yang memiliki fungsi untuk mengatur tekanan minimum yang ada pada kompresor apakah sedang menyala atau mati.

Jika Anda ingin mengatur tekanan udara tersebut, maka yang perlu Anda lakukan adalah memutar stick diferensial tersebut secara penuh, kemudian disusul dengan melakukan pengetatan pada stick lainnya yang lebih panjang (seperti terlihat pada gambar dibawah). Jika sudah, maka Anda bisa membuang atau mengeluarkan udara yang berada didalam tangki kompresor untuk mengetahui pengaturan tekanan yang pas sesuai dengan yang diinginkan.

Pada saat pembuangan udara tersebut, maka Anda juga harus melihat jarum pengukur (manometer). Disinilah fungsi yang sebenarnya dari stick pendek diferensial sebagai pengatur tekanan minimal yang dibutuhkan.

Dan jika udara sudah dibuang, maka kompresor bisa menyala secara otomatis ketika sudah menyentuh angka minimum yang diinginkan, Ini berarti bahwa pengaturan yang telah Anda buat sudah benar dan sesuai.

Jika tekanan minimum pada kompresor udara sudah ditentukan, maka kini saatnya menentukan tekanan maksimumnya. Jika sebuah kompresor udara sudah menyentuh angka maksimum tersebut, maka mesin akan mati secara otomatis. Kompresor akan mati secara otomatis jika terdapat perluasan perbedaan tekanan yang ada, dimana didalam kondisi tersebut ada tekanan minimal tetap yang tidak berubah. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa melakukan pemeriksaan ulang dengan cara menghidupkan kembali kompresor dan kemudian ukur kembali tekanan yang ada menggunakan alat ukur.

Sementara itu, untuk mengatur tekanan maksimal yang ada, Anda diharuskan untuk memutar stick nomor 2, kemudian langsung memperhatikan jarum jam yang ada pada alat ukur dan perhatikan kemana Anda harus memutar stick tersebut.

Baca Juga : Cari Kompresor Angin Terbaik Kualitas Terjamin

 

Kesimpulan

Untuk mengatur sebuah tekanan pada kompresor udara, maka terdapat dua jenis stick. Yang pertama adalah stick pendek yang berguna untuk mengatur tekanan minimum. Kemudian ada stick yang lebih panjang berguna untuk menentukan tekanan maksimum yang ada. Selama proses menentukan tekanan minimum dan maksimum tersebut, mesin kompresor harus dalam keadaan menyala, dan untuk mematikannya bisa menggunakan tuas manual pada kompresor.

Demikianlah artikel singkat mengenai pengaturan tekanan yang ada pada kompresor. Temukan juga berbagai artikel informatif lainnya seputar kompresor selaku distributor kompresor nomor satu di Indonesia yang sesuai bagi kebutuhan pabrik dan industri manufaktur.