Tips Membeli Kompresor Udara Untuk Kebutuhan Bisnis

kompresor udara yang bagus

 

Kompresor Udara – Menjalankan sebuah bisnis tentunya memerlukan beberapa perencanaan tentang kebutuhan ataupun peralatan yang akan di beli. Termasuk salah satunya untuk urusan bisnis yang menggunakan kompresor udara sebagai kebutuhan utama, ataupun pendukung. Untuk itu, kali ini Pola Petro akan membagikan sedikit tips tentang bagaimana memilih kompresor yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

 

Memahami jenis kompresor yang ada di pasaran

Sebagai langkah awal untuk cari kompresor angin, Anda harus memahami terlebih dahulu kompresor yang sering dijual di pasaran. Antara lain seperti Reciprocating Compressor (menggunakan piston) serta Screw Compressor (menggunakan Ulir)

Selain mekanisme kerjanya yang berbeda, kedua jenis kompresor ini juga memiliki kisaran harga yang berbeda. Kompresor piston sedikit lebih murah bila dibandingkan kompresor udara screw. Ini dikarenakan ketahanan waktu operasional yang berbeda dari tiap unit tersebut. Kompresor udara piston hanya mampu beroperasi sekitar 8 jam, sementara kompresor Screw mampu di operasikan jauh lebih lama yakni hampir 24 jam nonstop.

 

Jadi jika Anda memiliki bisnis yang membutuhkan tenaga udara yang cukup besar, maka pilihan tepat adalah dengan menggunakan kompresor screw, yang biasa terdapat di berbagai industri-industri besar.

 

Memahami Jenis Kompresor Udara berdasarkan sumber daya nya

Kompresor Menggunakan Bensin

Salah satu jenis kompresor berdasarkan mesinnya, adalah yang menggunakan bensin atau gasoline engine dan tanpa membutuhkan daya listrik sama sekali, sehingga tepat digunakan jika bisnis Anda berada di tempat yang kurang memiliki sumber daya listrik, ataupun yang mengandalkan mobilitas (berpindah-pindah)

Salah satu kekurangan utama dari kompresor berbahan bakar bensin ini adalah suara yang dihasilkan ketika sedang bekerja akan jauh lebih berisik ketimbang kompresor yang menggunakan sumber daya lainnya. Tak hanya itu, untuk menyalakan kompresor tersebut pun harus menggunakan cara yang manual.

 

 

Kompresor Menggunakan Daya Listrik

Berbanding terbalik dengan kompresor yang menggunakan bensin tadi, maka kompresor udara yang menggunakan daya listrik akan jauh memiliki kemudahan dari segi pengoperasiannya. Kompresor dengan sistem daya listrik ini akan bekerja secara otomatis ketika akan dilakukan pengisian udara.

Namun yang menjadi kelemahan dari kompresor berdaya listrik ini adalah pemasangan yang harus berdekatan dengan instalasi listrik sekitar. Bila tidak, maka semua keunggulan tersebut tidak ada aqrtinya sama sekali.

 

 

Memahami jenis kompresor berdasarkan output udara

kompresor udara biasa

kompresor jenis ini merupakan kompresor yang paling umum digunakan di berbagai kegiatan bisnis dan industri. Namun hasil udara yang dikeluarkan tersebut masih mengandung sedikit campuran minyak , dan zat lainnya.

 

Kompresor oil free (bebas minyak)

Seperti namanya, kompresor jenis ini akan terbebas 99 persen dari minyak dan campuran zat lainnya, dan hanya akan menghasilkan keluaran udara yang murni saja. Untuk penggunaannya sendiri, kompresor oil free ini biasanya banyak digunakan di berbagai laboratorium, ataupun tempat kesehatan lainnya yang membutuhkan tingkat higienis yang tinggi.

Jadi kesimpulannya , ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah kompresor untuk sebuah kebutuhan bisnis Anda. Antara lain sebagai berikut:

 

  • Cari tahu terlebih dahulu berapa tekanan udara yang diperlukan bagi bisnis Anda, dan apakah penggunaannya hingga 24 jam lebih atau tidak
  • Mengetahui berapa kebutuhan debit udara yang tepat bagi kebutuhan bisnis Anda nantinya.
  • Menentukan kualitas kompresor yang tepat, apakah membutuhkan udara yang super higienis (oil free) atau hanya cari kompresor angin yang biasa.
  • Menyesuikan ukuran serta tempat untuk kompresor yang akan dibeli dengan tempat bisnis Anda
  • Memperhatikan secara teliti sumber tenaga yang dibutuhkan oleh kompresor Anda
  • Hingga akhirnya Anda bisa menentukan budget yang tepat meliputi biaya awal, pemeliharaan, dan lain sebagainya.

 

Itulah tadi beberapa tips singkat mengenai cara memilih kompresor yang tepat untuk bisnis Anda. untuk mendapatkan berbagai kompresor terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silahkan langsung mengunjungi www.polapetro.co.id dan temukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. lebih hemat, dan lebih untung!

Leave a Reply